TI? Ah Bosan, TE Dong!

Assalamu'alaykum lagi nih kawan.
Kali ini postingan saya agaknya sedikit "SENSASIONAL". Kenapa? Liat saja dari gambar postingan nya yang membuat "gimana gitcuh". hahaha :D

Postingan kali ini mengenai Jurusan Program Studi yang saya ambil, yaitu TE alias Teknik Elektro. Bagaimana? keren? ya iyalah keren, setidaknya jika teman-teman pernah mengetahui tentang Mortal Kombat. Di situ ada seorang karakter yang bernama Raiden/Rayden, bagi anda yang terlanjur memilih jurusan ini seperti saya, maka saya menganjurkan anda sekalian untuk menjadikan karakter ini sebagai tokoh "idola". :SenyoomSemangka:

Oke, berbicara tentang Teknik Elektro. Pertama-tama kita mulai dengan Apa itu Teknik Elektro?  Berikut adalah pengertian Teknik Elektro yang saya kutip dari Wikipedia Indonesia
"Teknik Elektro (bahasa Inggris: Electrical Engineering) adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknik Listrik atau Teknik Elektro melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Insinyur listrik adalah kaum profesional yang memegang peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan teknologi tinggi dalam dunia komputer, laser, penjelajahan angkasa, telekomunikasi, energi, dan aplikasi lainnya dari perangkat dan sistem elektronik."
Kemudian, Disiplin ilmu Teknik Elektro pada dasarnya mempelajari teknologi perancangan suatu sistem maupun sub sistem menggunakan piranti elektronis sehingga bermanfaat untuk membantu pekerjaan-pekerjaan yang sulit dilakukan manusia. Teknik Elektro termasuk disiplin ilmu yang paling dinamis dan menantang dalam menghadapi perkembangan teknologi yang perkembangannya sedemikian pesat. Teknik Elektro cakupannya sangat luas, mulai dari sumber–sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusinya, sampai ke pemanfaatan di dalam gedung dan alat-alat rumah tangga.

Lantas, Apa yang dipelajari di Teknik Elektro?
Teknik Elektro mempelajari pemanfaatan gejala-gejala alam terutama sifat-sifat elektron yang disebut dengan kelistrikan yang kemudian diaplikasikan dalam hubungannya dengan teknologi, termasuk juga hubungannya dengan fungsi listrik itu sendiri. Dalam bidang studi Teknik Elektro, selain mempelajari ilmu-ilmu dasar untuk rekayasa (meliputi Matematika, Fisika, dan Kimia) mahasiswa juga akan mempelajari landasan pengetahuan teknologi kelistrikan mencakup tentang energi, informasi, dan isyarat. Di beberapa perguruan tinggi, Teknik Elektro dibagi atas 2 bagian yaitu Arus Kuat dan Arus Lemah. Arus kuat mempelajari tentang listrik tegangan tinggi (kelistrikan). Sedangkan Arus Lemah mempelajari listrik tegangan lemah seperti elektro telekomunikasi, elektro komputer & elektro control.

Lanjut, Bagaimana dengan Program Studi Teknik Elektro di UMM?
Program Studi Teknik Elektro di UMM menyelenggarakan program Sarjana Strata I yang berdiri pada tahun 1990 dan program Diploma III Elektro (Teknik Komputer dan Jaringan) yang berdiri tahun 1995. Jurusan ini telah meluluskan lebih dari 2.040 Sarjana Teknik dan Ahli Madya Teknik yang telah berkarir sebagai Pegawai Pemerintah dan Swasta, Akademisi, Pengusaha, Kontraktor, Konsultan ataupun Berwirausaha. Jurusan ini dikelola oleh 23 dosen yang bergelar Doktor dan Magister dan akan bertambah jika saya berhasil mendapatkan Gelar Doktor juga. Aamiin Yaa Robb. :)

Lulusan Teknik Elektro dibekali dengan keterampilan dan keahlian pada bidang Teknik Elektro, antara lain; Sistem Tenaga Listrik, Elektronika, Sistem Kontrol Industri, Sistem Telekomunikasi, dan Sistem Jaringan Komputer/Informatika.

Jurusan Teknik Elektro di UMM didukung oleh laboratorium-laboratorium antara lain:
  • Laboratorium Elektronika Dasar (Rangkaian Listrik, Elektronika, Rangkaian Logika, Pengukuran Besaran Listrik, Dasar Sistem Komunikasi).
  • Laboratorium Keahlian (Sistem Kontrol, Sistem Instrumentasi, Mikroprosessor & Mikrokontroller, Robotika, Elektronika Daya).
  • Laboratorium Elektro Lanjut (PLC, Mesin-Mesin Listrik, VHDL, Instalasi Listrik, Sistem Komunikasi Lanjut, Sistem Pembangkitan)
  • Laboratorium PLTMh.
  • Serta Laboratorium Komputer Aplikasi & Workshop Elektro
Sedangkan untuk Ahli Madya Teknik Elektro dibekali dengan keahlian bidang elektronika industri dan teknik komputer dan jaringan yang didukung dengan sertifikasi KKPI, CCNA, JENI, dan TOEIC. Juga dukungan ekstrakurikuler yang terdiri atas kelompok robotika, sistem instrumentasi dan lain-lain

Lantas, Bagaimana prospek dari lulusan Teknik Elektro?

Lulusan Teknik Elektro dapat bekerja di berbagai bidang industri, misalnya di pembangkitan, transmisi, distribusi tenaga listrik (Perusahaan Listrik Negara atau Perusahaan Listrik Swasta, industri besar), industri perancang/penghasil komponen listrik/elektronika, industri-industri pada umumnya yang sarat dengan mesin-mesin listrik, instrumentasi, pengaturan (control system), pusat komputer dan jaringannya, BUMN (PT. LEN, PT. Telkom, IPTN, PT. Indosat, PT. INTI, dll.), industri jasa telekomunikasi (termasuk operator seperti Telkomsel, Indosat, dll), industri peralatan telekomunikasi (contoh: Sony Ericsson, Nokia, Nortel, dll.), industri elektronika konsumen, perminyakan, dan sebagainya.

Lulusan Teknik Elektro biasanya menempati posisi/ jabatan di perusahaan sebagai; Network Planner/Engineer, Telecomunication Software Engineer, Perancang dan implementor produk-produk perangkat keras dan lunak telekomunikasi/internet, Konsultan pada berbagai industri yang menggunakan telekomunikasi dan internet, Manajer proyek Sistem Informasi/ Teknologi Informasi, Manajer Pengembangan produk dan layanan telekomunikasi dan informasi, dan lain sebagainya.

Dan dari sekian panjang postingan artikel saya kali ini mungkin ada yang bertanya-tanya, saya ini sebenarnya mengambil Teknik Elektro D III atau Strata I. Maka saya jawab, "Silahkan tanya secara langsung, siapa tau jodoh". Gak Nyambung? Biarin. :D

Finally, postingan kali ini berasal rangkuman saya dari berbagai sumber seperti; WikipediaEngineering Town (EDIC FTUI), dan tentunya dari situs Kampus UMM (Sebenarnya lebih banyak mengambil dari booklet waktu mendaftar di UMM kemarin sih ketimbang situs UMM-nya. :D)

Itulah sekilas dari saya mengenai TI?Ah Bosan, TE Dong!

Post a comment